Lima Cara Alami Atasi Morning Sickness

SEBAGIAN besar perempuan hamil mengalami morning sickness, gejala mual muntah selama kehamilan. Diperkirakan sekitar 50-80 persen perempuan hamil mengalami mual, kadang-kadang muntah selama kehamilan. Meskipun mual umumnya lebih terasa di pagi  hari, banyak juga perempuan yang mengalaminya sepanjang hari.
Untuk membantu Anda mengatasi gangguan ini, berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. Diet
Pola diet berikut dinyatakan membantu meredakan morning sickness:
– Makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil, sehingga Anda tidak pernah merasa terlalu lapar atau terlalu kenyang
– Hindari makanan berlemak atau makanan yang digoreng
Pastikan menempatkan crackers, roti, sereal atau makanan tawar lainnya tidak jauh dari jangkauan Anda. Cobalah makan beberapa crackers sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari
– Kenali semua makanan pemicu mual dan muntah Anda dan berusahalah untuk mengindarinya
– Pastikan memperbanyak asupan air, khususnya saat Anda telah muntah. Cobalah minum di selang waktu makan, bukan pada saat makan. Cara ini dilaporkan efektif pada beberapa perempuan.

3. Akupunktur
Cara ini dinyatakan efektif oleh sebuah studi yang mempelajari 88 perempuan hamil dengan hyperemesis (bentuk morning sickness akut). Dalam studi ini, para partisipan diberikan obat anti mual bernama metoclopramide atau menjalani 4 kali dalam 2 minggu, ditambah akupresur. Kedua cara ini dinyatakan efektif mengurangi keparahan mual dan muntah. Menurut studi, akupunktur lebih efektif dibandingkan obat dalam meningkatkan fungsi psikososial. 
–  Gelang tangan akupresur
Gelang tangan akupresur bekerja dengan menstimulasi titik akupunktur yang dikenal dengan pericardium 6 (yang dalam sisitem pengobatan tradisional China diyakini meredakan mual).

4. Jahe
Jahe umum digunakan untuk mengatasi morning sickness. Empat percobaan klinis mendukung penggunaan jahe. Dalam studi, para partisipan dianjurkan mengonsumsi total 1 gram jahe per hari, dengan dosis dibagi 2, selama 3 minggu. Jumlah ini setara dengan setengah sendok teh jahe dikonsumsi 4 kali sehari. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk teh dengan cara menyeduh jahe dalam air panas selama 5 menit.

5. Minyak peppermint
Aroma minyak peppermint bisa membantu meredakan perut mual. Isilah satu mangkuk besar dengan air panas. Masukkan 2 tetes minyak peppermint dan letakkan di atas meja di dekat tempat tidur Anda. Pastikan area tersebut aman sehingga tidak ada risiko air akan tumpah.

This entry was posted in General, Social. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s